Nggak (kepo) nggak tahu info

Tuesday, April 2, 2019

Pramuka apa sih? Pergertian Pramuka


Pramuka Apa Sih?

Hayoo! Siapa yang pernah tanya kayak gitu?
Terkadang peserta didik di sekolah masih sering merasa takut untuk bertanya mengenai materi atau pengetahuan yang belum mereka mengerti. Padahal dengan bertanya kita dapat memperluas pemahaman yang belum kita miliki. Jadi, untuk adik-adik yang 'kepo' alias pengen tahu harus sering-sering bertanya.
Tapi bertanya tidak hanya dengan guru, teman, orang tua, atau bahkan binatangㄧEaa.. pasti temen kalian atau bahkan kalian pernah tanya sama hewan kesayangan kalian kan? Yah, walaupun kalian tahu, kalau yang kalian tanya itu belum tentu bisa jawab.ㄧKalian juga bisa bertanya lewat internet dengan memanfaatkan alat elektronik yang kalian punya. Seru kan!




Pasti temen-temen sudah tahu ini lambang apa. Yups, bener banget. Jadi gambar di atas merupakan lambang pramuka yang berwujud tunas kelapa, yang mana simbol tersebut memiliki makna filosofi tersendiri.

PRAMUKA merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya Rakyat Muda yang Suka Berkarya.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Menggunakan Kompas
Untuk lebih jelasnya silakan simak penuturan-penuturan dari para ahli di bawah ini.

1. Joko Mursitho

Menurut Joko Mursitho, pengertian Pramuka adalah proses pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk watak peserta didik.

2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2014, pengertian pramuka adalah proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak muda, di bawah tanggung jawab anggota dewasa, yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan keluarga, dengan tujuan, prinsip dasar dan metode pendidikan tertentu.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian pramuka adalah organisasi untuk generasi muda yang mendidik para anggotanya dengan berbagai jenis keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling tolong-menolong, dan lain sebagainya.

Gambar pramuka

Pramuka SMA Negeri 1 Godean

Sumber :
https://www.belajartanpaguru.com/pengertian-pramuka-menurut-para-ahli.html
Share:

1 comment:

Pages

Blogger templates

BTemplates.com