Nggak (kepo) nggak tahu info

Wednesday, June 12, 2019

CONTOH SOAL Dan PEMBAHASAN PKWU Kerajinan Berbahan Limbah Berbentuk Bangun Datar KELAS XI



Soal:
1.    Jelaskan pengertian limbah secara umum dan pengertian limbah menurut Budi Santono!
2.    Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas limbah!
3.    Jelaskan jenis-jenis limbah menurut sifatnya!
4.    Jelaskan fungsi kerajinan dan unsur kerajinan!
5.    Sebutkan bentuk-bentuk bangun!
6.    Jelaskan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha!

Pembahasan:
1.    Secara umum, limbah adalah bahan buangan (sisa proses produksi)yang tidak terpakai yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat jika tidak dikelola dengan baik. Sedangkan menurut Budi Santono, limbah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari suatu sumber hasil aktivitas manusia atau proses-proses alam, dan tidak atau belum mempunyai nilai ekonomi, bahkan dapat mempunyai nilai ekonomi negatif.

2.    Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas limbah, antara lain:
       a)    Volume limbah, limbah dalam volume/ jumlah yang banyak dapat mengakibatkan banyak masalah, terutama kerusakan lingkungan.
       b)    Kadungan limbah, pada dasarnya limbah mengandung berbagai macam polutan atau zat-zat kimia yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan.
       c)    Frekuensi pembuangan limbah, limbah yang dibuang/ terbuang dalam frekuensi yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai dampak negatif.

3.    Jenis-jenis limbah menurut sifatnya, yaitu:
       a)    Limbah korosif, yaitu limbah yang dapat menimbulkan iritasi kulit dan korosif pada logam.
       b)    Limbah beracun, yaitu limbah yang mengandung racun berbahaya bagi manusia dan lingkungan.
       c)    Limbah reaktif, yaitu limbah yang sifatnya mudah bereaksi dengan oksigen atau limbah organik peroksida yang tidak stabil dalam suhu tinggi dan dapat menyebabkan kebakaran.
       d)    Limbah mudah meledak, yaitu limbah yang apabila melalui proses kimia dapat menghasilkan gas dengan suhu tekanan tinggi serta dapat merusak lingkungan.
       e)    Limbah mudah terbakar, yaitu limbah yang mengandung bahan yang dapat menghasilkan gesekan atau percikan api apabila berdekatan dengan api.

4.    Fungsi kerajinan ada 2, yaitu:
       a)    Benda pakai, yakni meliputi segala bentuk kerajinan yang digunakan sebagai alat, wadah, atau dikenakan sebagai pelengkap busana.
       b)    Benda hias, yakni meliputi segala bentuk kerajinan yang dibuat dengan tujuan untuk  dipajang atau digunakan sebagai hiasan (elemen estetis).

       Unsur kerajinan dibagi menjadi 2, yaitu:
       a)    Unsur estetika/ keindahan. Keindahan memiliki beberapa prinsip yakni kesatuan (unity), keselarasan (harmony), keseimbangan (balance), dan kontras (contrast).
       b)    Unsur ergonomis adalah unsur yang berkaitan dengan aspek fungsional dengan prinsip keamanan (security), kenyamanan (comfortable), dan keluwesan (flexibility).

5.    Bentuk-bentuk bangun: persegi, persegi panjang, segitiga (segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga siku-siku, segitiga sembarang), jajar genjang, trapesium, layang-layang, belah ketupat, dan lingkaran.

6.    Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha, antara lain:
       a)    Berani. Sebagai seorang wirausaha harus berani dalam menjalankan/merealisasikan usaha yang ditekuninya.
       b)    Kreatif. Seorang wirausaha dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi sehingga dapat bersaing dengan wirausaha-wirausaha yang menekuni bidang yang sama.
       c)    Berorientasi ke masa depan. Menjadi seorang wirausaha harus terus menatap masa depan dan terus mengikuti arus modernisasi, sehingga tidak akan ketinggalan dengan tren-tren baru yang digemari masyarakat.
       d)    Berjiwa kepemimpinan yang tinggi. Seorang wirausaha harus bisa mengatur/memimpin pekerja-pekerjanya dengan baik dan bijaksana. Oleh karena itu, seorang wirausaha harus dibekali dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi.
       e)    Pantang menyerah. Ketika seorang wirausaha memperoleh kegagalan dalam usahanya, tidak boleh menyerah begitu saja.
       f)    Adil. Sebagai pemimpin pengusaha harus adil dalam memperlakukan para konsumen dan para pekerjanya.
       g)    Memiliki ide-ide yang baru. Dalam berwirausaha, produk-produk haru terus dikembangkan agar para konsumen tidak bosan dengan produk yang lama.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Pages

Blogger templates

BTemplates.com