Nggak (kepo) nggak tahu info

Wednesday, September 4, 2019

APA ARTI 6M? Penjabaran & Penjelasan Lengkap 6M

APA ARTI 6M?

Kenali sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha 6M, sebagai berikut.

MAN (manusia)

Man (manusia) atau SDM (Sumber Daya Manusia) biasa disebut dengan istilah Man Power (tenaga manusia) atau Mind Power (daya pikir) adalah personal atau orang-orang yang terlibat dalam wirausaha tersebut.

Salah satu faktor keberhasilan wirausaha adalah keberhasilan mengelola sumber daya manusia yang terlibat dalam setiap proses yang terjadi dalam usaha. Pengelolaan sumber daya manusia juga termasuk pengelolaan ide-ide inovatif yang dapat bermanfaat, baik untuk perkembangan produk dan maupun usaha secara umum.

MONEY (uang)

Money (uang) dapat dipahami sebagai dana yang menjadi modal usaha, perputaran uang melalui pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam usaha tersebut. Kemampuan wirausahawan dalam mengelola produksi yang efektif dan efisien dapat menghasilkan keuntungan wirausaha yang lebih besar.

MATERIAL (bahan)

Material terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia tidak dapat dipisahkan, tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.

MACHINE (peralatan)

Machine atau mesin sangat dibutuhkan dalam suatu usaha karena dapat memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja. Penggunaan mesin-mesin dalam suatu pekerjaan dapat menghemat tenaga dan fikiran manusia dalam melakukan tugas-tugasnya baik yang bersifat rutin maupun yang bersifat insedental, baik untuk pekerjaan-pekerjaan yang bersifat teknis industry (engineering) maupun yang bersifat teknis paperwork.

METHOD (cara kerja)

Method atau cara kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan. Sebuah metode dapat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha. Perlu diingat meskipun metode baik, sedangkan orang yang melaksanakannya tidak mengerti atau tidak mempunyai pengalaman maka hasilnya tidak akan memuaskan. Dengan demikian, peranan utama dalam manajemen tetap manusianya sendiri.

MARKET (pasar)

Market merupakan pasar sasaran dari produk yang dihasilkan oleh suatu usaha. Pengetahuan tentang pasar sasaran menjadi salah satu kunci penting untuk keberhasilan suatu usaha. Wirausaha dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar, sehingga peluang produk diserap oleh pasar dapat lebih besar.
Riset tentang pasar bertujuan untuk mengenali pesaing yang ada di pasar tersebut. Posisi usaha terhadap pesaingnya harus diketahui oleh wirausahawan agar dapat memenangkan persaingan. Terjadinya persaingan dapat mempengaruhi rancangan suatu produk yang akan dibuat serta keputusan penetapan harga jual produk.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Pages

Blogger templates

BTemplates.com